Friday, December 17, 2010

Merawat sumber daya pada laptop



Bagi anda yang memiliki laptop sebaiknya merawat sumber daya laptop anda dengan beberapa tips dibawah ini.
1.Defragmentasi
Setelah defragmentasi secara berkala membuat data Anda diatur dalam susunan yang lebih sistematis yang membuat kerja harddisk lebih sedikit untuk mengakses semua data. Semakin cepat dalam pergerakan dari hard drive, beban kerja yang lebih rendah pada baterai yang berarti baterai anda lebih lama.

2.Mengurangi Proses
Cobalah untuk mengurangi penggunaan icon system tray/wallpaper, yang tidak diperlukan. Juga memantau berapa banyak sumber daya seperti penggunaan yang mengakses Windows Task Manager (di Windows). Pastikan bahwa jika Anda tidak menggunakan internet, sangat bermanfaat untuk menutup pogram yang tidak dibutuhkan. Tidak perlu menghapus program yang berjalan selama start-up dengan meluncurkan Sistem Configuration Utility dari Run - msconfig - Startup Tab. Unclick program yang tidak diperlukan untuk memulai dan restart komputer sekali.
3. Lepaskan Perangkat Eksternal bila tidak diperlukan
Perangkat USB eksternal adalah pemakan terbesar daya baterai. Cobalah untuk mencabut perangkat eksternal seperti mouse eksternal, kartu PC, Wi-Fi, speaker eksternal, Bluetooth, Pen drives, portable hdd dan iPod.
4. Periksa Resolusi Anda
Mengurangi tingkat kecerahan dengan tingkat yang tepat di mana Anda bisa menyesuaikannya dengan bantuan toggles Fungsi tombol atau menggunakan Pengaturan Display pada Control Panel.
5. Pilihan Power
Anda dapat memeriksa manajemen daya dari 'Power Options ' di Control Panel. Baik Windows XP dan sistem operasi Windows Vista terdiri dari fitur-fitur manajemen daya tingkat lanjut yang membantu Anda untuk mematikan komponen seperti monitor atau hard drive untuk waktu tertentu . Hal ini juga tergantung pada ‘Power Schemes’ yang dipilih. Sebagai contoh dalam sistem operasi Windows XP, Anda dapat memilih ‘Max Battery' pada saat kondisi batrai terisi penuh.
6. Gunakan Hibernate Mode
Kadang-kadang kita membuat laptop kita dalam posisi mode Stand by atau mode tidur. Hal ini mengurangi masa pakai baterai karena komponen laptop masih terus beroprasi. Dalam kasus tersebut, sangat disarankan untuk menerapkan mode hirbinate selain komputer menyimpan keadaan sekarang hal ini juga berguna menghemat penggunaan daya batrai karena laptop benar-benar dalam posisi off.
7. Konsumsi RAM
Sistematis penggunaan RAM yang lebih rendah adalah beban pada Virtual memory yang benar-benar bekerja untuk hard drive. Jika Anda amati, penggunaan RAM lebih banyak mengarah ke pemakaian daya yang juga meningkatkan seluruh cadangan ram dengan mengurangi akses ke kinerja hard drive.
8. Faktor Suhu
Panas yang berlebihan dapat mengurangi masa pakai baterai perlahan tapi pasti. Juga hindari membuka laptop di bawah sinar matahari langsung atau di dalam mobil yang tertutup.
9. PerawatanAdapter
Pastikan bahwa adaptor yang anda gunakan untuk pengisian baterai laptop adalah spesifikasi yang asli. Sebuah kualitas model adaptor yang tidak standar dapat menyebabkan semacam overload yang juga dapat merusak laptop dan baterai.

1 comments:

Joe said...

nice info

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. The Tech - All Rights Reserved B-Seo Versi 4 by TheTech